Senin, 16 Mei 2016

RANGKUMAN KEWIRAUSAHAAN BAB 19 - PELANGGAN ATAU NASABAH KABUR

RANGKUMAN KEWIRAUSAHAAN

BAB 19 - PELANGGAN ATAU NASABAH KABUR

            Pengertian pelanggan atau nasabah kabur adalah pelanggan atau nasabah pergi meninggalkan perusahaan atau tidak lagi membeli, mengonsumsi, atau memiliki produk yang ditawarkan perusahaan, baik untuk sementara waktu atau selamanya. Artinya nasabah tidak akan menjadi nasabah kita atau membeli produk yang kita tawarkan dan mungkin sudah beralih ke perusahaan lain.

 Arti lain pelanggan/nasabah sudah mulai mengurangi volume pembelanjaan atau frekuensi tranksaksi atau dengan kata lain nasabah sudah tidak melulu menggunakan produk yang kita jual

            Sebab pelanggan atau nasabah meninggalkan perusahaan:

- pelayanan yang tidak memuaskan
- produk yang tidak baik
- ingkat janji dan tidak tepat waktu
- biaya yang relatif mahal

            Cara membuat agar pelanggan atau nasabah betah berurusan dengan perusahaan adalah sebagai berikut :

1. karyawan harus menarik, baik dari segi penampilan, gaya bicara, maupun gerak geriknya sehingga tidak membosankan. buatkan agar nasabah selalu senang, ceria dan bersemangat dalam berhadapan dengan kita
2. Cepat tanggap terhadap keinginan nasabah dan cepat mengerjakan atau melayani nasabah
3. Ruang tunggu yang nyaman, tenang dan nyaman, sehingga begitu nasabahmasuk dapat merasakannya
4. Brosur yang tersedia lengkap dan mampu menjelaskan segala sesuatu sehingga suasana dengan        keinginan nasabah
5. Keragaman dan kelengkapan produk atau jasa yang ditawarkan

6. Lokasi yang aman dan nyaman

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Diberdayakan oleh Blogger.