RANGKUMAN KEWIRAUSAHAAN BAB 19 - PELANGGAN ATAU NASABAH KABUR
RANGKUMAN KEWIRAUSAHAAN
BAB 19 - PELANGGAN ATAU NASABAH KABUR
Pengertian
pelanggan atau nasabah kabur adalah pelanggan atau nasabah pergi meninggalkan
perusahaan atau tidak lagi membeli, mengonsumsi, atau memiliki produk yang
ditawarkan perusahaan, baik untuk sementara waktu atau selamanya. Artinya
nasabah tidak akan menjadi nasabah kita atau membeli produk yang kita tawarkan
dan mungkin sudah beralih ke perusahaan lain.
Arti lain pelanggan/nasabah sudah
mulai mengurangi volume pembelanjaan atau frekuensi tranksaksi atau dengan kata
lain nasabah sudah tidak melulu menggunakan produk yang kita jual
Sebab
pelanggan atau nasabah meninggalkan perusahaan:
- pelayanan yang tidak memuaskan
- produk yang tidak baik
- ingkat janji dan tidak tepat waktu
- biaya yang relatif mahal
Cara
membuat agar pelanggan atau nasabah betah berurusan dengan perusahaan adalah
sebagai berikut :
1. karyawan harus menarik, baik dari segi penampilan, gaya
bicara, maupun gerak geriknya sehingga tidak membosankan. buatkan agar nasabah
selalu senang, ceria dan bersemangat dalam berhadapan dengan kita
2. Cepat tanggap terhadap keinginan nasabah dan cepat
mengerjakan atau melayani nasabah
3. Ruang tunggu yang nyaman, tenang dan nyaman, sehingga
begitu nasabahmasuk dapat merasakannya
4. Brosur yang tersedia lengkap dan mampu menjelaskan segala
sesuatu sehingga suasana dengan keinginan nasabah
5. Keragaman dan kelengkapan produk atau jasa yang
ditawarkan
6. Lokasi yang aman dan nyaman
0 komentar:
Posting Komentar