Senin, 16 Mei 2016

RANGKUMAN KEWIRAUSAHAAN BAB 17 - COSTUMER SERVICE

RANGKUMAN KEWIRAUSAHAAN

BAB 17 - COSTUMER SERVICE

            Costumer Service secara umum adalah setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan pelanggan, melalui pelayanan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan.

            Petugas costumer servic pada prinsipnya semua atau seluruh pegawai mulai dari cleaning service, satpam, sampai direktur utama. Namun, secara khusus tugas CS ini diemban oleh orang yang dididik untuk memegang fungsi sebagai CS suatu perusahaan

            Fungsi dan tugas costumer service adalah sebagai berikut
1. sebagai resepsionis
2. sebagai deskman
3. sebagai salesman
4. sebagai costumer relation officer
5. sebagai komunikator

            Berikut ini sifat-sifat pelanggan yang harus dikenal CS ;
1. pelanggan dianggap sebagai raja
2. mau dipenuhi keinginan dan kebutuhannya
3. tidak mau didebat dan tidak mau disinggung
4. pelanggan mau diperhatikan
5. pelanggan merupakan sumber pendapatan

            Sikap yang harus diperhatikan dalam melayani pelanggan
1. beri kesempatan pelanggan berbicara
2. dengarkan baik-baik
3. jangan menyela pembicaraan
4. ajukan pertanyaan
5. jangan marah dan jangan mudah tersinggung
6. jangan mendebat pelanggan
7. jaga sikap sopan, ramah, dan selalu berlaku tenang
8. tunjukkan sikap perhatian dan sikap ingin membantu

            Persyaratan CS yang harus dipenuhi oleh seorang CS yaitu :
1. persyaratan fisik
2. persyaratan mental
3. persyaratan kepribadian

4. persyaratan sosial

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Diberdayakan oleh Blogger.