FINAL TIK
1. Apa manfaat media pembelajaran berbasis IT bagi pendidik dan
pesertadidik ?
Jawab :
· Manfaat pembelajaran berbasis IT bagi pendidik sangatlah
penting karena dapat membantu atau mempermudah dalam mengajar atau memberikan
pengetahuan kepada para pesertadidik. Dengan adanya media pembelajaran siswa
mudah mengerti terhadap yang di smpaikanoleh pendidik,beberapa media
pembelajaran yang di gunakan oleh guru dapat memberikan pelajaran yang lebih
bermotifsehingga dapat dapat mudah di pahami selain itu pelajaran yang di
berikan oleh pendidik dengan lebih jelas maknanya dan pesertadidik akan lebih aktif
dalam proses belajar.
· Manfaat bagi pesertadidik media pembelajaran dapat sangat
membantu pembelajaran,pikiran pesertadidik secara teratur tentang hal yang
mereka alami dalam kegiatan belajar mengajar mereka. Misalnya menyaksikan
pemutaran film yang mendidik tentang suatu kejadian atau peristiwa. Rangkaian
dari pemutaran film tersebut mereka dapat pelajari secara baik atau
berkesinambungan,selain itu media pembelajaran dapat membantu pesertadidik
dalam memberikan pengalaman belajar yang sulit mereka peroleh dengan cara lain.
Juga media pembelajaran dapat memberikan perhatian lebih terhadap materi
pembelajran yang di sajikan.
2.
Coba uraikan model-model
pembelajaran berbasis komputer dan berikan contohnya.
Jawab
:
·
Model Drills adalah suatu
model dalam pembelajaran dengan jalan melatih siswa terhadap bahan pelajaran
yang sudah diberikan. Melalui model drills akan di tanamkan kebiasaan tertentu
dalam bentuk latihan. Dengan latihan yang terus menerus,maka akan tertanam dan
kemudian akan menjadi kebiasaan.
Contohnya
: memberikan ulangan terapan. Pelaksanannya secara mekanis untuk mengajarkan
berbagai mata pelajaran dan kecakapan.
·
Model Tutorial pada
dasarnya sama dengan program bimbingan,yang bertujuan memberikan bantuan kepada
siswa agar dapat mencapai hasil belajar secara optimal. Kegiatan tutorial ini
memang sangat di butuhkan sebab siswa yang di bimbing melaksanakan kegiatan
belajar mandiri yang bersumber dari modul-modul dalam bidang studi tertentu.
Contohnya
: dalam pembelajaran direalisasikan dalam berbagai bentuk yakni pusat
belajar,program pembinaan jarak jauh dan sistem belajar jarak jauh.
·
Model Simulasi pada
dasarnya merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan
pengalaman belajar yang lebih konkret melalui penciptaan tiruan-tiruan bentuk
pengalaman yang mendekati suasana sebenarnya dan berlangsung dalam suasana yang
tanpa resiko.
Contoh
: dalam metode ini adalah model CBI yang menampilkan materi dalam bentuk
animasi yang menjelaskan kontem-kontem yang menarik.
·
Model Intructional Games
merupakan salah satu bentuk metode dalam pembelajaran berbasis komputer. Tujuan
intructional games adalah untuk menyediakan pengalaman belajar yang memberikan
fasilitas belajar untuk menambah kemampuan siswa melalui bentuk permainan yang
mendidik.
Comtoh
: memberikan pembelajaran yang berbentuk games yang mendidik bagi siswa dimna
akan menciptakan suasana yang kompetitif.
·
Model Flowchart Drills merupakan
pembuatan bagan alur dalam bentuk kotak-kotak dialog yang memiliki makna dan
arti tersendiri.
Contohnya
: diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau
proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk
kotak,besrta urutannya dengan menghubungkan masing-masing langkah tersebut
menggunakan tanda panah.
3.
Coba jelaskan beerta
contohnya,perbedaan antara Blanded Learning dan E-learning.
Jawab
:
·
Sesuai namanya Blanded
Learning adalah metode pembelajaran yang memadukan pertemuan tatap muka dengan
materi online secara harmonis.
Contoh
: pembelajaran yang menggunakan blog.
·
E-learning atau electronic
learning learning merupakan suatu proses perkembangan teknologi yang
diaplikasikan dalam hal penyampaian pengetahuan dalam proses belajar mengajar, e-Learning kini semakin
dikenal sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah pendidikan, baik di
negara-negara maju maupun di negara yang sedang berkembang seperti Indonesia.
Sebagai negara kepulauan, Indonesia mengalami masalah dalam proses perataan pendidikan
bagi masyarakatnya dikarenakan oleh jarak, oleh karena itu e-Learning merupakan
pilihan yang dapat diterapkan.
Contoh
: pembelajaran yang fleksibilitas dengan sisi waktu dan tempat,siswa dapat
belajar secara fleksibel.
4.
Coba uraikan dengan contoh
cara membuat blog.
Jawaban
:
Langkah-langkah
membuat Blog
a.
Sebelum membuat blog yang
pertama kita harus terlebih dahulu mempunyai E-mail dalam bentuk Gmail.
b.
Silahkan anda kunjungi
alamat webside www.blogger.com
c.
Kemudian lihat di kanan
bawah,rubah dengan menggunakan bahasa indonesia agar kita lebih muda
mengaplikasikannya
d.
Masuk/Login menggunakan
User name/Nama pengguna serta Password Gmail
anda
(akun bisa juga login ke blogger) dengan memasukkan
E-mail
: yusufmariff@gmail.com
Pass :
******* kemudian
e.
Isi formulir data anda yang
sesuai dengan anda seperti
Nama :
Muhammad yusuf marif
Jenis kelamin
: laki-laki
Penerima
persyaratan : ceklis sebagai tanda anda akan setuju dengan peraturan yang telah
di tetapkan pihak blogger
f.
Klik tanda panah
bertuliskan lanjutan kemudin klik blog anda
g.
selanjutnya isi data
formulir blog anada
judul
: My Adventure
alamat
: muhyusufmarif.blogspot.co.id
template
: pilih tampilan blog yang ingin di sesuaikan
h.
lanjutkan dengan klik
tombol buat blog
i.
untuk menghindari spam dari
google harus membuat satu artikel
j.
klik tulisan mulai
mempaskan
k.
isi judul artikel yang anda
ingin posting di blog
l.
setelah itu klik pratinjau
dan jika selesai klik publiskan
m.
setelah selesai semua
sekarang anda telah mempunyai blog dan dapat di gunakan.
5.
Coba anda jelaskan apa saja
yang anda ketahui tentang TIK untuk penilaian pembelajaran.
Jawaban
:
Teknologi
informasi dan komunikasi sangatlah membantu dalam penilaian pembelajaran bagi
guru,dengan ini untuk meminimalisasikan untuk penilaian bagi pesertadidik
dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi salah satu penggunaan TIK
untuk penilaian adalah menggunakan Microsoft Exel. Microsoft Exel digunakan
untuk mengelola hasil belajar para pesertadidik selama proses pembelajaran.
0 komentar:
Posting Komentar