RANGKUMAN KEWIRAUSAHAAN BAB 11 - PASAR DAN PEMASARAN
RANGKUMAN KEWIRAUSAHAAN
BAB 11 - PASAR DAN PEMASARAN
Pengertian
pasar adalah himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk.
Pasar dapat diartikan pula sebagai suatu mekanisme yang terjadi antara pembeli
dan penjual atau tempat pertemuan antara kekuatan-kekuatan permintaan dan
penawaran.
Pengertian
pemasaran seperti yang dikemukakan oleh ahli pemasaran dunia, yaitu Philip
Kotler; adalah suatu proses sosial dan manajerial dengan mana individu dan
kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara
menciptakan serta mempetukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.
Pengertian
permintaan adalah keinginan yang didukung oleh daya beli dan akses untuk
membeli. Ada beberapa faktor yang memengaruhi permintaan suatu barang atau jasa,
yaitu :
1. harga barang itu sendiri
2. harga barang lain yang memiliki hubungan
3. pendapatan
4. selera
5. jumlah penduduk, dan
6. faktor khusus (akses)
Pengertian
penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang ditawarkan produsen pada berbagai
tingkat harga pada suatu waktu tertentu. Penawaran suatu barang juga
dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :
1. harga barang itu sendiri
2. harga barang lain yang memiliki hubungan
3. teknologi
4. harga input
5. tujuan perusahaan
6. faktor khusus (akses)
Menetapkan
pasar sasaran dapat dilakukan dengan cara mengembangkan ukuran-ukuran dan daya
tarik segmen kemudian memilih segmen sasaran yang diinginkan. Kegiatan
menetapkan pasar sasaran meliputi :
- evaluasi segmen pasar
- memilih segmen, yaitu menentukan satu atau lebih segmen
yang memiliki nilai tinggi bagi perusahaan
Menentukan
posisi pasar maksudnya adalah upaya untuk menentukan posisi yang kompetitif
untuk produk atau suatu pasar.
Penentuan
posisi pasar dapat dilakukan berdasarkan :
1. atribut
2. kesempatan penggunaan
3. kelas pengguna
4. langsung menghadapi pesaing
5. kelas produk
0 komentar:
Posting Komentar