Senin, 16 Mei 2016

RANGKUMAN KEWIRAUSAHAAN BAB 13 - MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN

RANGKUMAN KEWIRAUSAHAAN
BAB 13 - MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN

            Laporan keuangan merupakan laporan yang menunjukkan kondisi dan posisi keuangan suatu perusahaan pada suatu saat atau periode tertentu
            Tujuan pembuatan laporan keuangan suatu perusahaan adalah sebagai berikut :
1. memberikan informasi keuangan tentang jumlah aktiva dan jenis-jenis aktiva
2. memberikan informasi tentang jumlah kewajiban, jenis-jenis kewajiban, dan   jumlah modal
3. memberikan informasi tentang hasil usaha yang tercermin dari jumlah pendapatan yang diperoleh dan sumber sumber pendapatan
4. memberikan informasi tentang jumlah biaya dan jenis biaya yang dikeluarkan dalam periode tertentu
5. memberikan informasi tentang perubahan yang terjadi dalam aktiva, kewajiban, dan modal suatu perusahaan
6. memberikan informasi tentang kinerja manajemen dalam suatu periode dari hasil laporan keuangan yang disajikan
            Pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap laporan keuangan perusahaan adalah sebagai berikut :
1. pemegang saham
2. manajemen
3.kreditor
4. pemerintah
5. karyawan
6. investor
            Jenis-jenis laporan keuangan yang ada adalah sebagai berikut :
1. neraca
2. laporan laba rugi
3. laporan arus kas
4. laporan perubahan modal
            Bentuk laporan keuangan umum yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku adalah sebagai berikut :
1. Bentuk Neraca
 a. Bentuk skontro (account form)
 b. Bentuk laporan atau vertikal (report form)
 c. Bentuk lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan
2. Bentuk laporan laba rugi
 a. Bentuk tunggal

 b. Bentuk majemuk

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Diberdayakan oleh Blogger.